Sabtu, 06 Oktober 2012

DEFINISI PERTANIAN ALAMIAH

PERTANIAN ILMIAH

Sebagai akibat perkembangan ekonomi yang demikian pesat, peningkatan kebutuhan hidup rakyat pada umumnya dari para petani pada khususnya, yang hidupnya sangat tergantung pada pemilikan sebidang tanah warisan dari nenek moyang mereka, maka upaya pengolahan tanah petani pada umumnya mengikuti berbagai masukan teknologi yang banyak memberikan banyak dampak negatif.

Kita dapat mengakui banyak penggunaan obat-obatan dan pupuk kimia sintetis serta mesin-mesin berat selama ini telah meningkatkan hasil pertanian, namun hal tersebut telah mempercepat luasnya lahan-lahan kritis dan menimbulkan kerugian bagi para petani dan juga bagi masyarakat yang secara tidak langsung memiliki keterkaitan pula dengan pertanian dan dapat berpengaruh pula pada kelestarian lingkungan.

Akan tetapi petani yang sadar akan masalah ini, mungkin akan berlatih dari pertanian modern ke pertanian alamiah, atau setidak-tidaknya pemakaian pupuk kimia dan pestisida dapat ditekan sedemikian rupa sehingga tidak menggangu ekosistem alam dan kesehatan petani itu sendiri.

Pada saat ini di berbagai negara telah mulai dilaksanakan pertanian dengan sistem alamiah, dan telah banyak penelitian-penelitian yang mendukung pelaksanaannya, serta para konsumenyang dewasa ini lebih mengutamakan mutu dari pada kualitasnya.

Adapun dampak negatif penggunaan bahan-bahan kimia sintetis diantaranya adalah:
  • Merusak kesehatan petani itu sendiri.
  • Mengakibatkan hasil produksi yang masih mengandung pestisida.
  • Merusak tanah karena dosis pupuk yang digunakan melebihi dosis anjuran.
  • Mengakibatkan kerusakan alam sekitarnya.

DEFINISI PERTANIAN ALAMIAH

Peratnian alamiah adalah bercocok tanam tanpa menggunakan pupuk dan obat-obatan kimia, melainkan dengan menerapkan teknik pemeliharaan tanaman dengan mempercayakan kesuburan tanah yang telah ada. Yang terpenting dalam melakukan pertanian alamiah adalah memperbaiki kesuburan, dan daya tahan tanah. Pertanian alamiah merupakan usaha bertanai di mana kegiatannya berupaya untuk selalu selaras dengan alam, hal tersebut mengingat pada pengalaman cara becocok tanam nenek moyang kita dahulu, yang di padukan dengan ilmu dan teknologi modern.

TEKNIK PERTANIAN ALAMIAH

Teknik pertanian alamiah dilihat dari proses kesuburan tanah yang alamiah, banyak terjadi di daerah gunung dan hutan yang mempunyai kesuburah tanah melalui proses alamiah. Mengapa daerah tersebut dapat subur dengan sendirinya:
  1. Karena banyak pohon-pohon dan daun-daun yang gugur di sekitarnya dan menutup tanah dengan sendirinya.
  2. Lama kemudian daun tersebut membusuk dan menjadi humus. Proses ini terjadi terus-menerus yang menjadikan tanh tersebut menjadi subur.
Hal tersebut dapat kita terapkan dalam melaksanakan pertanian alamiah. 
 


1 komentar: